Senin, 25 Agustus 2014

Hal-hal menarik yang ada Di Garut

Lebaran kemarin ane pulkam ke Garut dan ane menemukan beberapa hal menarik di sana. Nah berhubung masih segar diingatan ane, mending ane langsung tulis ini. Keburu lupa soalnya. Oke kita mulai aja deh:

Hal menarik pertama: Di Garut jarang ada yang masak sayur-sayur berkuah!






Ane perhatikan ketika pulang kampung, gak pernah nemuin yang namanya pada masak Sayur SOP, Sayur Bayam, Sayur Kaktus, atau Sayur Asem. Rata-rata sayur-sayuran begitu kebanyakan dioseng, jarang ada yang berkuah. Pas ane nanya ke nyokap ane, kenapa gak pernah pada masak Sayur-sayuran berkuah? Nyokap ane jawab karena suasanya gak pas, di Garut kan dingin, sementara sayur-sayur berkuah begitu lebih cocok di masak di cuaca yang panas, eng padahal dingin kan juga bisa yah? Ah entahlah aneh...

Hal menarik kedua: Di Garut lebaran jarang ada yang bikin Ketupat!



Yang namanya lebaran ketupat itu udah merupakan tradisi. Ane aja kalau gak ada ketupat pas lebaran, serasa ada yang kurang gitu. Nah tiap ane pulkam ke Garut, yang namanya Ketupat itu jarang ada yang bikin. Saudara-saudara ane kan banyak tuh, nah rata-rata semuanya lebih banyak bikin nasi ketimbang ketupat. Makanya tiap pulkam, ane minta ke nyokap, Mah manggil Mama nie ane, "Mah Pulkam bawa Ketupat yah, soalnya di Garut kan gak ada yang masak ketupat"
Jadilah ane tiap pulkam bawa ketupat, buat makan pas lebaran.

Hal menarik ketiga: Sambel di Garut tuh Pedesnya Gak main-main!



Kalau yang ini agan-agan pasti pada tahu. Sambel di sana emang bisa bikin mulut dower and sakit perut. Lah satu sendok kecil aja udah bikin kita minum ampe bergelas-gelas, apalagi ampe dua tiga sendok, sakit perutlah agan. Tapi untung ane penyuka makanan pedas, jadi  sambel begitu bukan bikin kapok malah ngangenin :D

Sambel di sana kata nyokap tuh terbuat dari cabe dikeringin, emang sih ane pernah dengar kalau cabe kering itu pedesnya lebih-lebih cabe rawit.

Hal menarik keempat: Tukang Bakso bertebaran



Di Jakarta emang begitu juga. Tapi dulu waktu ane kecil, tukang bakso tuh udah kayak sesuatu yang patut dilestarikan saking jarangnya. Dan harga baksonya juga gak main-main dulu pas ane kecil, ada cerita yang beli bakso itu cuma orang kaya, saking mahalnya tuh. Sekarang sih harganya gak jauh beda ama yang di Jakarta.

Hal menarik kelima: Cocodot itu...



Pasti agan-agan di sini  ada yang udah tahu ada yang belum tahu. Gak pa pa ane kasih tahu, jadi cocodot itu cokelat yang dalemnya ada dodolnya. Tapi kadang ada juga namanya cocodot tapi dalemnya cokelat beneran tanpa ada dodolnya.

Nah biasanya bungkus cocodot ini ada promosi Budaya dan tempat pariwisata Garut juga, kemarin ane beli dapet gambar cipanas, terus alat musik dari Garut juga ada...

Selain Cocodot ada juga Choco-dol, itu gak beda jauh ama Cocodot, yang beda harga doang :D

Hal menarik terakhir alias keenam: Jajanan yang terbuat dari Aci



Agan pasti kenal yang namanya Cimol, Cireng, Cilok kan? Nah itu semua adalah makanan ringan khas garut yang terbuat dari tepung Aci. Bedanya dimana?
Cilok itu dibuat bentuknya kayak bakso dan didalamnya dikasih kayak daging gitu, dan biasanya dimakan dengan sambal saus nd kecap, kalau di Jakarta Cilok gak ada dagingnya di dalamnya, terus pake sambal kacang

Cireng ini Aci di gembreng maksudnya di bikin pipih...
Saat ini cireng dibuat dengan dalamnya macam-macam, itu kalau di Jakarta. Nah kalau di Garut ane biasa bikin kagak ada dalamnya, terus di cocol pake sambel kecap, rasanya dijamin makyos!

Terus Cimol, kalau cimol hampir sama kayak cilok, bedanya dia gak ada dalamnya, terus di goreng dibuatnya, kalau Cilok kan gak di goreng. Cireng juga sama di goreng. Selain itu kalau cimol pake cabe bubuk, di Garut yang jelas cabe bubuknya yang pedesnya bisa bikin mulut dower deh...

Nah yang ini Agan-agan mungkin banyak yang gak tahu, Namanya Moring alias cimol kering.
Bentuknya kayak keripik gitu dan rasanya garing and renyah. Ini jajanan yang paling enak buat ngemil, ada yang pedas rasanya ada yang enggak.


Oke deh gan segitu aja ane kasih tahu hal-hal menarik yang ane temuin di kampung Ane di Garut. Kalau ada sumur di ladang bolehlah kita numpang mandi, kalau ada umur TS yang panjang, boleh dong ane corat coret di sini lagi :D

Sekian dan terima kasih Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar